Tips mudah mencegah radang gusi pada anjing

Radang gusi pada anjing sering terjadi akibat kondisi mulut yang luka atau menumpuknya banyak bakteri.

 

Sebenarnya Anda memiliki kesempatan untuk melakukan pencegahan radang gusi pada anjing. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan beberapa hal sederhana yang memberikan dampak cukup baik. Selain itu, pola penerapan dari pencegahan seperti ini juga tidak memiliki efek samping yang sangat berlebihan pada kondisi mulut. Tentu saja anda juga bisa mempertimbangkan beberapa saran dokter yang bisa digunakan dengan sangat mudah.

radang gusi pada anjing

Beberapa tips untuk mengatasi radang gusi pada anjing

Anda bisa memulainya dengan tidak mengganti jenis makanan yang dikonsumsi pada anjing. Plak yang terbentuk akibat menempelnya sisa makanan tidak berarti anda harus melakukan perubahan pola makanan. Untuk membersihkan sisa makanan yang dimiliki anjing ini, cukup lakukan kegiatan menyikat gigi pada anjing. Tentu saja anda bisa menggunakan sikat khusus yang bisa membersihkan beberapa selah gigi.

Selain menggunakan sikat gigi, anda juga bisa menerapkan penyikatan ini dengan menggunakan kain yang telah dililitkan pada jari anda. Kemudian anda gosok kain itu pada gigi yang memiliki selah cukup besar. Biasanya selah seperti ini sangat rentan untuk menjadi tempat sisa makanan menempel.

Tulang asli, Nylabone atau tulang buatan juga bisa menjadi pilihan untuk membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi. Anjing yang memiliki kebiasaan menggigit atau mengunyah tulang seperti ini biasanya memiliki plak atau karang gigi yang cukup sedikit dibanding dengan anjing yang sama sekali tidak pernah mengunyah tulang. Bahkan, beberapa dokter juga menyarankan untuk melakukan pengunyahan dengan tulang ini untuk membantu pertumbuhan gusi agar lebih baik dan tidak mudah iritasi. Ini sering dilakukan untuk mengatasi radang gusi pada anjing.

Konsultasikan kepada dokter hewan

Bila Anda mendapatkan bahwa gusi dari anjing ini telah rusak, sebaiknya anjing kesayangan anda segera dibawa ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan intensif. Perawatan gigi akibat gusi yang terluka atau rusak bisa dilakukan selama setahun sekali dengan kondisi anjing telah berusia 3 tahun atau lebih. Biasanya dokter hewan seperti ini memiliki perlengkapan khusus yang bisa membersihkan seluruh bagian gigi tanpa harus melukai gusi yang telah rusak. Tentu saja dokter yang melakukan penyikatan ini tidak akan menggunakan obat bius tambahan. Hal ini akan menjaga kondisi tubuh anjing tetap baik.

Cara lain untuk mengatasi radang gusi pada anjing bisa menggunakan beberapa jenis makanan alami seperti wortel atau apel utuh yang dianggap akan hasil terbaik untuk membersihkan sisa makanan. Bila anjing kesayangan anda tidak mau menggigit jenis makanan ini, mungkin anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan snack khusus yang memiliki fungsi sebagai pembersih gigi. Hal ini tentu akan memudahkan anjing anda untuk mengkonsumsi secara berkala. Biasanya gigi graham adalah bagian yang memiliki banyak plak atau karang gigi. Untuk membersihkan bagian ini, sebaiknya dilakukan di dokter hewan. Apalagi dokter hewan juga memiliki alat khusus untuk membersihkan karang gigi ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress content guard plugin