Perhitungan Dosis Obat Batuk Anjing dan Masa Penyembuhan

Untuk memberikan obat batuk anjing, Anda harus mempertimbangkan dosis yang tepat.

Hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Bahkan, dosis yang diberikan untuk anjing juga akan mempengaruhi kondisi kesehatan. Semakin tepat dosis obat batuk yang diberikan, maka Anda juga tidak perlu khawatir terhadap kondisi kesehatan. Mungkin Anda juga bisa mendapatkan saran yang lebih baik melalui konsultasi kepada dokter hewan. Beberapa dokter hewan mencoba memahami kondisi kesehatan anjing dengan dosis obat batuk yang diberikan. Perhitungan dosis obat batuk anjing yang biasanya diberikan seperti:

 

Dosis obat batuk anjing non-herbal

Dosis yang diberikan melalui obat batuk non-herbal untuk anjing ini biasanya dilakukan dengan 1 sendok teh untuk anjing yang memiliki berat 9 kg. Biasanya dosis ini selalu diberikan untuk anjing dewasa. Beberapa anjing ras kadang tidak selalu mau untuk mengkonsumsi obat batuk ini secara langsung melalui sendok. Mungkin Anda juga bisa mencampurkan obat batuk non-herbal ini dengan air hangat. Setelah itu, Anda bisa mencoba untuk membujuk anjing meminum air hangat bercampur obat batuk secara perlahan.

Beri rasa nyaman saat memberikan dosis obat batuk ini. Hal penting yang harus Anda ingat adalah jangan pernah sekali-kali memberikan obat batuk manusia kepada anjing. Idealnya, memang perhitungan dosis untuk obat batuk ini diberikan 1 kali setiap harinya. Bila selama seminggu tidak ada perubahan sama sekali, Anda harus membawa anjing itu untuk diperiksa dokter hewan.

obat batuk anjing

Dosis obat batuk anjing herbal

Obat jenis ini memang sering menjadi pilihan utama untuk diberikan pada anjing. Namun, dosis yang diberikan untuk anjing memang harus disesuaikan dengan kondisi tubuh dan usia. Jangan terlalu banyak memberikan obat herbal ini kepada anjing. Dampak yang terjadi adalah dapat mengganggu organ pencernaan. Campuran bahan herbal yang melibatkan madu, air perasan lemon dan air hangat harus memiliki takaran yang tepat. Dosis yang disarankan biasanya 1 sendok makan madu, 1 sendok makan air perasan lemon dan segelas air hangat.

Seluruh bahan baku ini harus tercampur dengan sangat baik. Saat memberikan obat herbal ini, Anda harus menerapkan kondisi yang nyaman bagi anjing. Jangan terlalu memaksakan untuk memberikan obat ini kepada anjing. Lakukan hal ini secara rutin selama setiap hari dengan dosis satu gelas. Hal yang harus Anda ingat adalah bila dalam waktu satu minggu tidak ada perubahan sama sekali, segera bawa ke dokter hewan.

 

Menjaga kondisi tubuh anjing untuk penyembuhan

Setelah memberikan obat batuk anjing, sebaiknya kondisi tubuh selama masa penyembuhan memang harus diperhatikan dengan sangat baik. Apalagi hal ini memudahkan metabolisme tubuh untuk kembali dengan sangat normal. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mendukung penyembuhan batuk yang dialami anjing. Beberapa diantaranya seperti:

Memandikan anjing dengan air hangat. Untuk menjaga kebersihan tubuh anjing, mandikan dengan air hangat. Hal ini juga memberikan rasa nyaman kepada anjing. Pengeringan bulu anjing juga dilakukan dengan menggunakan hair dryer. Jangan sampai bulu anjing menggumpal karena tidak terlalu kering.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress content guard plugin