Penyebab bau mulut pada anjing dan cara mengatasinya

Kamu harus tahu tentang penyebab bau mulut pada anjing dan cara ideal untuk mengatasi masalah kesehatan itu.

Bau mulut yang dialami pada anjing biasanya didasarkan beberapa penyebab. Biasanya hal ini terjadi akibat bakteri atau luka pada bagian mulut. Tentu saja anda harus melakukan pemeriksaan terhadap anjing anda untuk menghindari kondisi kesehatan yang semakin memburuk. Radang gusi bisa menjadi penyebab utama bagi banyak anjing. Apalagi menurut banyak dokter hewan, sekitar 85 persen anjing dari seluruh populasi ras telah mengalami radang gusi. Hal ini terjadi sejak usia 3 tahun hingga dewasa.

Menurut dokter hewan, penyebab bau mulut pada anjing atau sering disebut penyakit periodontal adalah masalah gusi dan gigi yang sering terjadi pada anjing berusia dewasa. Tentu saja masalah gusi dan gigi ini akan memberikan dampak pada bau napas yang tidak sedap. Sebaiknya anda juga harus melakukan perawatan atau konsultasi kepada dokter hewan untuk mendapatkan tindakan medis yang sangat baik.

penyebab bau mulut pada anjing

Penyebab bau mulut pada anjing atau periodontal pada anjing

Beberapa dokter hewan biasanya memberikan saran bagi para pengadopsi untuk selalu membersihkan partikel makanan yang menempel pada gigi. Anda bisa menggunakan sikat khusus untuk anjing sehingga sisa makanan ini tidak menjadi bakteri yang membuat napas anjing berbeda dari biasanya. Sebaiknya Anda tidak menggunakan pasta gigi yang biasanya digunakan, hal ini dilakukan untuk menghindari busa dari pasta gigi ini tertelan oleh anjing. Coba cari beberapa pasta gigi yang memang khusus digunakan untuk anjing.

Penyebab bau mulut pada anjing  lainnya adalah kotoran yang menempel di bagian gigi. Untuk membersihkan sisa makanan yang menempel pada anjing, Anda juga bisa menggunakan tulang yang berukuran besar. Tulang seperti ini biasanya akan memudahkan anjing untuk membersihkan sisa makanan dengan sendirinya. Sebaiknya anda menggunakan tulang yang memiliki karakter keras seperti tulang sapi atau lainnya. Bila plak atau sisa makanan yang menempel pada gigi tidak segera dibersihkan, maka bagian ini akan termineralisir oleh kalsium yang biasanya terdapat pada air liur.

Biasanya karang gigi banyak anda temukan pada air liur anjing. Karang gigi ini memiliki bentuk cukup keras dan menempel pada bagian gigi serta memiliki warna putih kekuningan. Karang gigi biasanya terletak di permukaan dekat batas gigi. Beberapa anjing tentu akan mengalami penumpukan sisa makanan pada batas gigi ini. Pada bagian ini, beberapa jenis makanan sangat mudah terselip. Ini memang menjadi salah satu dari penyebab bau mulut pada anjing.

Bakteri yang memiliki jumlah cukup banyak pada plak akan mengakibatkan pelepasan zat kimia dan berdampak pada peradangan gusi. Radang gusi seperti ini akan mengikir tulang yang menahan gigi ada anjing dan membuat gigi menjadi cukup longgar. Bila dibiarkan pada waktu yang cukup lama, gigi anjing ini akan mudah tanggal. Apalagi saat anda memberikan makanan yang cukup keras pada anjing.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress content guard plugin