Mengenal Karakter Kutu Caplak dan Cara Mencabutnya

Kutu Caplak merupakan salah satu parasit bagi anjing yang bisa menyebarkan banyak bakteri dan penyakit.

Parasit ini bisa memberikan dampak buruk bagi anjing karena akan menghisap darah dan membuat anjing merasakan gatal yang berlebihan. Bila kutu ini sudah hinggap di bagian tubuh maka akan mudah menghisap darah dengan leluasa. Bahkan, kutu ini juga sangat sulit untuk dicabut karena gigitan mereka cukup kuat di bagian permukaan kulit anjing. Hal lain yang merugikan adalah bila kutu ini sudah dicabut biasanya bakteri atau virus juga disebarkan di bagian tubuh anjing lainnya. Ini yang membuat kamu harus membersihkan bagian tubuh anjing secara berkala. Selain itu, kamu juga harus mengenal karakter dari Kutu Caplak.

kutu caplak

Karakter dari Kutu Caplak

Sebelum membersihkan dan mencabut kutu ini, kamu harus mengenal karakter parasit ini. Apalagi ini membantu kamu untuk melakukan perawatan dan memilih pembersih ideal yang memberikan hasil lebih baik. Karakter dari kutu ini yang harus kamu ketahui seperti:

  1. Dikenal sebagai parasit penghisap darah

Kutu ini dikenal sebagai parasit penghisap darah yang harus dihindari. Hal yang lebih menyebalkan lagi adalah tubuh kutu ini akan semakin besar bila menghisap banyak darah dari tubuh anjing. Selagi menghisap darah, kutu ini juga menyebarkan semacam virus atau bakteri yang menyebabkan rasa gatal.

  1. Selalu hinggap di bagian tersembunyi

Salah satu karakter dari kutu ini adalah selalu bersembunyi di bagian tersembunyi dari anjing. Biasanya bagian yang menjadi tempat paling nyaman seperti sela jari pada anjing, bagian belakang telinga hingga punggung. Semakin baik tempat yang mereka pilih maka kutu ini akan semakin leluasa untuk menghisap darah.

  1. Kutu ini berkembangbiak secara pesat

Ini adalah hal yang perlu diwaspadai. Kutu ini sangat mudah untuk berkembangbiak dalam jumlah yang lebih banyak. Apalagi bila kutu ini juga mendapatkan asupan darah yang sangat banyak yang memudahkan mereka untuk bertelur. Kutu betina ini bisa menghasilkan 100 butir telur setiap hari bila mendapatkan darah yang sangat banyak.

kutu caplak

Cara mencabut Kutu Caplak

Jangan pernah mencabut kutu ini dengan sembarang. Hal itu justru akan membuat mereka semakin mudah untuk menyebabkan virus dan bakteri. Selain itu, kutu betina juga akan bisa membuang telur pada bagian lain. Berikut ini cara mudah untuk mencabut kutu caplak dengan mudah:

  1. Gunakan pinset steril

Untuk mencabut parasit ini jangan menggunakan tangan, tapi gunakan pinset steril. Hal ini dianggap lebih mudah dan mencegah kutu untuk menyebarkan telur atau virus lain.

  1. Kompres air hangat bagian kulit anjing

Pada bagian kulit bekas gigitan dari kutu sebaiknya dikompres dengan air hangat. Ini untuk menutup luka dan menghentikan penyebaran virus penyebab rasa gatal.

  1. Coba gunakan shampoo khusus

Gunakan shampoo khusus bagi anjing untuk membersihkan kutu pada bagian tersembunyi. Biasanya shampoo ini bisa kamu dapatkan di petshop. Cara ini juga sangat ampuh bagi anjing yang memiliki bulu tebal.

  1. Buang kutu di tempat khusus

Kutu yang berhasil di cabut sebaiknya ditempatkan di wadah khusus berisi minyak. Cara seperti ini untuk menghentikan penyebaran dan berkembangnya telur.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress content guard plugin