Masalah Kesehatan Anjing Chow Chow dan Penampilan Fisik

Sebelum Anda memutuskan untuk mengadopsi anjing Chow chow ini, sebaiknya perhatikan masalah kesehatan anjing chow chow.

Jenis masalah kesehatan anjing chow chow

Anjing ini cenderung menderita iritasi pada bagian mata. Ahli kesehatan hewan peliharaan menyebut masalah ini dengan istilah Entropion. Masalah ini disebabkan oleh kelainan kelopak mata. Tentu saja penyakit ini bisa disembuhkan dengan operasi. Namun, Anda juga harus memperhitungkan biaya dan dampak dari operasi.

Masalah kesehatan anjing chow chow lain yang diderita seperti hip dysplasia, kanker perut, Peradangan Kulit Akut, dan infeksi telinga. Ukuran moncong yang cukup pendek dibandingk ras lainnya, maka Anda akan sering mendengar ras Chow chow ini mendengkur. Hal ini adalah wajar.

Rata-rata usia dari ras anjing Chow chow ini mencapai hingga 8 tahun. Namun, bila Anda menjadi pengadopsi yang sangat baik dan memperhitungkan segala hal tentang perawatan anjing ini, maka ras Chow chow bisa bertahan hidup hingga 10 tahun. Apalagi anjing ini juga sangat senang bila memiliki pelatihan secara rutin yang akan membuat seluruh sirkulasi dan pergerakan tubuh menjadi lebih baik. Kesehatan anjing chow chow seperti ini juga harus dipertimbangkan untuk menerapkan perawatan ideal.

kesehatan anjing chow chow

Penampilan ras anjing Chow chow

Secara garis besar, ras Chow chow ini memiliki tubuh yang cukup tambun. Bila Anda perhatikan secara sekilas, bentuk bulu dari anjing ini seperti singa jantan. Hal ini dikarenakan bulu bagian depan lebih tebal dibandingkan bagian lainnya. Penampilan fisik yang cukup berbeda dibandingkan ras lainnya biasanya akan mempengaruhi kesehatan anjing chow chow. Berikut ini detail dari penampilan fisik anjing chow chow, seperti:

  1. Ukuran anjing Chow chow

Pada anjing jantan memiliki tinggi sekitar 48-56 cm dan betina memiliki ukuran sekitar 46-51 cm. Ukuran ini dihitung dari permukaan tanah hingga pungung.

 

  1. Bentuk kepala ras Chow chow

Pada bagian atas kepala ras anjing Chow chow ini terlihat lebih rata dan lebar. Bentuk kepala ini juga akan membuat bulu terlihat lebih tebal dan membentuk seperti singa jantan. Ukuran dari moncong atau bagian mulut cukup sedan dan tebal. Anjing ini memiliki hidung yang cukup besar. Hal yang mungkin akan memberikan penampilan menarik adalah gusi dan lidah bewarna hitam pada anjing yang membuat mereka sangat loyal. Mata pada anjing Chow chow ini berukuran sedang dan berwarna gelap. Bagian telinga menghadap kedepan dan memiliki ukuran yang kecil dan cukup tebal.

 

  1. Bagian tubuh dari anjing Chow chow

Ras anjing ini memiliki otot dan tulang leher yang sangat kuat namun berukuran sedang. Pada bagian dada terlihat cukup dalam dan membusung. Anda akan menikmati pemandangan saat bagian ekor menempel pada punggung. Hal ini karena letak ekor cukup tinggi.

 

  1. Bulu pada ras Chow chow

Sebaiknya Anda memperhatikan bulu dan warna pada ras Anjing Chow chow. Ras ini memiliki dua tipe bulu yang terdiri dari bulu pendek (sangat halus) dan bulu kasar. Beberapa warna bulu pada anjing Chow chow ini terdiri dari hitam, coklat merah (red), abu-abu tua (blue), fawn, krem dan putih.

 

  1. Bentuk kaki untuk ras Chow chow

Kaki pada anjing Chow chow berukuran sedang, tapak kaki membulat, siku kaki belakang cenderung lurus. Hal ini yang membuat anjing Chow chow memiliki langkah kaki yang sangat pendek dan terlihat kaku.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress content guard plugin