Info Penting Pencegahan Penyakit Myasis pada Anjing

Penyakit Myasis pada anjing biasanya terjadi akibat infeksi larva lalat pada bagian luka yang terbuka.

Luka ini akan menimbulkan kondisi yang lebih parah dengan timbulnya banyak belatung di bagian dalam luka. Bila tidak segera diobati, biasanya luka akan semakin mudah menyebar di sekitar bagian kulit lainnya. Bahkan, pada beberapa kasus besar, penyakit seperti ini akan menyebabkan kematian. Tentu saja kondisi seperti ini tidak harus terjadi pada anjing kesayangan anda dengan melalui perawatan dan pencegahan yang benar. Anda juga bisa melakukan konsultasi kepada dokter untuk mendapatkan saran terbaik.

Penyakit Myasis pada Anjing

Salah satu faktor yang menjadi penyebab penyakit myasis pada anjing adalah luka terbuka pada bagian kulit yang tidak segera ditangani secara cepat. Biasamya luka ini akan mudah untuk dihinggapi lalat. Lalat akan mudah melakukan penyebaran bakteri hingga telur belatung di bagian luka. Hal ini yang harus menjadi perhatian khusus dengan mengobati luka dengan benar dan cepat. Bahkan, beberapa dokter juga menyarankan untuk menutup bagian luka dengan tambahan kapas yang cukup tipis untuk menghindari lalat hinggap.

 

Pencegahan penyakit Myasis pada anjing yang disarankan

Penyakit ini sebenarnya bisa dicegah dengan perawatan yang sangat sederhana. Namun, penerapan seperti ini juga harus disesuaikan dengan kondisi luka. Bila masih tergolong kondisi luka ringan, anda bisa melakukan pencegahan dengan cukup mudah. Namun, sebaiknya anda membawa ke klinik hewan bila kondisi luka cukup parah.

Berikut ini beberapa tips pencegahan penyakit Myasis pada anjing yang bisa membantu anda, seperti:

  1. Melakukan perawatan bulu anjing

Hal pertama yang bisa anda lakukan biasanya dengan menerapkan perawatan pada seluruh bagian bulu anjing secara berkala. Anda bisa memandikan anjing dengan menggunakan shampoo khusus atau dengan menjaga kualitas bulu. Gunakan sisir untuk menghindari bulu anjing yang menggumpal. Kondisi seperti ini bisa memicu luka pada bagian kulit anjing akan mudah terserang bakteri atau dikerubungi lalat.

  1. Perhatikan kondisi atau perilaku anjing setiap hari

Anda harus memperhatikan perilaku anjing setiap hari. Bila anjing terlihat lebih lemas atau selalu murung biasanya kondisi dari fisik anjing mulai menurun. Hal ini bisa disebabkan luka yang cukup sakit dirasa oleh anjing. Nafsu makan yang berkurang juga bisa menjadi penyebabnya.

  1. Gunakan antiseptik

Bila terdapat luka di bagian kulit terluar anjing, sebaiknya gunakan antiseptik untuk membersihkan bakteri yang menempel. Anda bsia menggunakan kapas bersih untuk mengoleskan antiseptik di bagian luka. Lakukan secara perlahan untuk menghindari rasa sakit berlebihan pada anjing.

  1. Jaga kebersihan di lingkungan sekitar

Hal ini adalah faktor penting yang bisa mendukung pencegahan penyakit Myasis pada anjing. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan di sekitar lingkungan anjing. Anda bisa memulainya dengan membersihkan kandang secara berkala.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress content guard plugin