Gejala Alergi Makanan pada Anjing

Kamu harus ingat bahwa anjing pun bisa alergi makanan.

gejala alergi makanan pada anjing bisa saja muncul sejak usia 5 bulan hingga satu tahun. Apalagi usia yang tergolong muda ini akan memiliki resiko yang sangat besar. Namun, beberapa ras biasanya menampilkan gejala ini pada usia 2 tahun hingga 6 tahun. Berapapun usia anjing kesayangan Kamu sebaiknya selalu mendapatkan perawatan yang sangat baik. Alergi makanan pada anjing bisa terjadi kapanpun dan dimanapun. Kondisi yang cukup berbeda dan status ras tidak menjadi penghalang anjing kesayangan Kamu bisa mendapatkan masalah kesehatan ini. Berikut ini adalah penjelasan sederhana tentang gejala yang mungkin timbul karena alergi makanan dan tindakan pengobatan pada anjing kesayangan Kamu.

gejala alergi makanan pada anjing

Gejala Alergi Makanan pada Anjing yang timbul seperti:

  1. Iritasi pada kulit

Gejala awal yang mungkin terindikasi dari alergi makanan pada anjing ini terlihat melalui gatal-gatal pada kulit. Biasanya ini terjadi di sekitar wilayah wajah, kaki, telinga, ketiak dan daerah sekitar anus. Beberapa anjing akan melakukan tindakan menggaruk secara berlebihan dengan rentang waktu yang cukup sering. Bila hal ini terjadi dengan frekuensi yang cukup lama, mungkin Kamu memberikan makanan yang tidak sesuai.

  1. Bulu rontok

Alergi makanan yang terjadi pada anjing seperti ini akan menyebabkan kerontokan bulu secara berlebihan. Biasanya hal ini terjadi sepanjang hari dengan atau tanpa tindakan menggaruk. Bahkan, pada saat duduk atau tidur, kerontokan bulu pada anjing ini tetap terjadi. Biasanya kerontokan bulu ini terjadi karena anjing itu merasa stres. Namun, Kamu juga tetap harus waspada terhadap alergi yang timbul.

  1. Kecenderungan untuk menggaruk

Rasa gatal yang dirasakan anjing karena alergi makanan mengakibatkan kecenderungan menggaruk yang berlebihan. Beberapa anjing memang sering menggaruk pada bagian tertentu. Namun, bila anjing kesayangan Kamu menggaruk dengan intensitas yang berlebihan, maka hal ini patut diwaspadai karena alergi makanan. Anjing sangat sensitif terhadap rasa gatal yang diderita pada bagian tubuh, khususnya bagian punggung.

  1. Infeksi kulit

Infeksi pada permukaan kulit juga menjadi gejala alergi makanan pada anjing. Biasanya hal ini diakibatkan karena bakteri atau kutu yang cukup banyak. Namun, infeksi yang terjadi pada anjing juga bisa terjadi akibat alergi pada makanan. Sebagian dari Kamu tentu akan memberikan antibiotik untuk mengurangi infeksi ini. Bila infeksi terjadi berulang kali karena Kamu tidak memberikan antibiotik lagi, maka anjing Kamu bermasalah dengan makanan yang dikonsumsi.

  1. Buang air berlebihan

Pola buang air yang berlebihan selama sehari penuh menjadi gejala alergi makanan pada anjing yang sangat mudah diperhatikan. Alergi makanan yang terjadi seperti ini akan mengakibatkan anjing kesayangan Kamu terus buang air besar hingga 3 kali atau lebih per hari. Bila Kamu mengalami fenomena yang tidak wajar ini sebaiknya segera lakukan tindakan medis. Buang air besar yang berlebihan pada anjing akan mengakibatkan infeksi usus dan berujung pada kematian anjing Kamu.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress content guard plugin