Apakah Tulang Berbahaya Untuk Anjing? Berikut Penjelasannya

Sebagian pengadopsi dan pemilik peliharaan masih menganggap bahwa tulang berbahaya untuk anjing.

Padahal tulang dari sisa makanan yang diberikan pada anjing akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Tulang tidak selalu identik terhadap makanan yang diberikan pada anjing. Memang tulang bisa membantu proses pertumbuhan bagi anjin kecil, namun dengan penerapan yang benar. Bila Anda selalu memberikan tulang sebagai makanan untuk anjing, maka hal ini akan merugikan Anda dan juga anjing kesayangan. Sering sekali beberapa produsen makanan anjing menawarkan bentuk seperti tulang untuk seluruh bagian makanan. Hal ini diterapkan untuk biskuit, dog food atau makanan lainnya. Tentu saja Anda harus mendapatkan detail informasi yang berkaitan dengan pola pemberian makanan ini.

tulang berbahaya untuk anjing

Tulang berbahaya untuk anjing dan pencernaan

Tekstur cukup kasar dan serpihan yang tajam menjadi alasan yang cukup kuat bahwa tulang berbahaya untuk anjing. Hal ini terjadi khususnya ada saluran pencernaan. Konsumsi tulang jenis apapun akan hancur menjadi serpihan pada saat anjing mengunyah. Anda juga harus memperhitungkan tekstur dari tulang yang cukup kuat. Biasanya hal ini akan membuat anjing harus mengeluarkan gigitan yang cukup keras untuk menghancurkan bagian tulang ini. Bahkan, serpihan yang tajam pada tulang ini bisa menempel di gusi dan mengakibatkan pendarahan hingga infeksi pada bagian mulut. Beberapa kasus juga ditemukan bahwa serpihan tulang juga bisa menancap di tenggorokan, saluran pencernaan hingga saluran pengeluaran kotoran. Tentu saja hal ini akan memberikan rasa sakit yang luar biasa pada anjing.

Selain itu, tulang berbahaya untuk anjing karena akan mengakibatkan tersedak dan memberikan pengaruh buruk pada bagian leher. Beberapa anjing yang merasa sulit untuk menggigit tulang ini biasanya anjing itu akan langsung menelan dalam waktu yang cukup singkat. Hal ini akan memberikan dampak buruk pada leher dan saluran pencernaan. Sehingga anjing menganggap bahwa tulang seperti ini sama dengan daging yang sangat mudah dikonsumsi. Tentu saja pengolahan saluran pencernaan untuk tulang dan daging sangat berbeda. Hal ini akan mengakibatkan anjing merasa kesulitan untuk buang air besar dan kotoran yang dikeluarkan juga cukup keras.

 

Berikan dog food sebagai pengganti tulang

Bila Anda cukup sering memberikan dog food yang memiliki tekstur cukup lunak, jangan pernah memasukkan tulang sebagai bagian dari menu utama pada anjing. Hal ini akan berakibat buruk pada perubaha saluran pencernaan. Beberapa bagian dari saluran akan merasa kesulitan untuk melakukan proses pada tulang karena sudah terbiasa untuk mengolah dog food. Bila Anda tetap memaksakan untuk memberikan tulang ini sebagai makanan untuk anjing, maka dipastikan anjing Anda mengalami luka yang cukup serius pada saluran pencernaan dan lapisan terluar dubur. Anda juga harus ingat bahwa infeksi pada saluran pencernaan dan pembuangan kotoran akan mengakibatkan bakteri mudah menyerang luka. Inilah yang dianggap bahwa tulang berbahaya untuk anjing.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress content guard plugin