Tips Memilih Dog Food dan Cara Menyimpan yang Benar

Ada banyak pilihan dog food yang bisa kamu berikan kepada anjing kesayangan.

Biasanya untuk menentukan pilihan ideal dari dog food itu harus mempertimbangkan kadar nutrisi, komposisi, kemasan, merek, harga hingga bahan baku yang digunakan. Biasanya beberapa jenis anjing memang akan membutuhkan makanan yang berbeda. Selain itu, usia dari anjing juga bisa mempengaruhi makanan yang sesuai untuk dikonsumsi dalam waktu yang cukup lama. Hal penting yang harus diingat adalah tidak semua dog food yang memiliki harga mahal selalu baik dikonsumsi untuk anjing. Bahkan, kamu bisa mendapatkan dog food dengan harga terjangkau apabila memperhitungkan nutrisi tepat bagi pertumbuhan anjing.

Tips Memilih Dog Food

Sebelum menentukan pilihan pada dog food, pertimbangkan kondisi dan usia anjing. Biasanya anjing yang masih kecil akan membutuhkan banyak asupan nutrisi dengan porsi yang lebih sedikit dibandingkan dengan anjing dewasa. Selain itu, beberapa jenis anjing juga mengalami alergi pada bahan baku tertentu yang terkandung dalam makanan anjing. Hal yang harus kamu ingat adalah dog food sebenarnya hampir memiliki karakter sama dengan makanan siap saji. Hal ini akan memudahkan kamu untuk memberikan langsung kepada anjing dengan porsi yang ditentukan. Nutrisi penting yang dibutuhkan anjing untuk mendukung perkembangan terdiri dari karbohidrat, protein, dan vitamin. Kandungan nutrisi ini harus terdapat dalam komposisi di makanan anjing. Ini yang menjadi dasar dari tips memilih dog food.

Tips Memilih Dog Food

Mengenal Beberapa Jenis Dog Food

Dog food yang ada di pasaran memiliki jenis dan varian berbeda. Bahkan, karakter dari kualitas dan harga yang ditawarkan juga bisa menjadi pertimbangan kamu. Namun, pilihan dog food yang baik selalu mencantumkan kandungan nutrisi dan bahan baku yang digunakan. Jangan pernah memberikan dog food tanpa informasi nutrisi dan komposisi kepada anjing kesayangan kamu. Hal ini untuk tetap menjaga kualitas dari pertumbuhan dan nutrisi ideal untuk anjing. Selain itu, dog food yang baik juga mudah dikonsumsi dan tidak menimbulkan gangguan pencernaan. Berikut ini beberapa jenis dog food yang mungkin bisa dengan mudah ditemui:

  1. Dog Food Grosiran

Jenis dog food ini sering menjadi pilihan utama bagi para pemilik anjing. Selain memiliki harga yang lebih terjangkau biasanya porsi yang ditawarkan juga lebih banyak. Hal ini cukup menghemat dalam waktu yang lebih lama. Namun, perlu diingat bahwa jenis atau varian makanan ini biasanya hanya memiliki kemasan sederhana tanpa adanya rincian informasi yang jelas. Komposisi dari bahan baku yang digunakan juga sering tidak dicantumkan di luar kemasan. Apalagi jumlah karbohidrat dari varian dog food ini biasanya lebih banyak. Sebenarnya hal ini tidak menjadi masalah besar bila kamu menanyakan langsung kepada penjual tentang bahan baku dan nutrisi dari dog food ini.

  1. Dog Food Premium

Varian dari dog food ini memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan jenis grosiran. Apalagi kandungan karbohidrat dari dog food ini juga tidak terlalu banyak. Bahan baku yang digunakan juga lebih baik karena seluruh rincian informasi juga disediakan di luar kemasan. Dog food ini memiliki tambahan protein yang biasanya berasal dari bahan baku berkualitas seperti daging sapi atau daging ayam olahan. Jenis dog food ini sangat dibutuhkan bagi anjing yang masih dalam tahap pertumbuhan. Beberapa merek dog food yang masuk dalam kategori ini juga menggunakan pengawet alami yang berasal dari lemak hewan. Tekstur dari dog food premium juga lebih lunak sehingga cukup aman untuk dikonsumsi oleh anjing. Tentu saja harga dog food ini lebih mahal dibandingkan jenis grosiran.

  1. Dog Food Super Premium

Ini adalah kategori dog food yang sangat ideal bagi anjing kesayangan kamu. Seluruh nutrisi yang dibutuhkan pada masa pertumbuhan anjing telah tersedia oleh dog food ini. Apalagi kualitas bahan baku yang digunakan juga tidak perlu diragukan lagi. Penggunaan nutrisi seperti karbohidrat, vitamin, hingga protein juga telah disesuaikan dengan takaran ideal. Jadi, kamu tidak perlu merasa khawatir untuk memberikan dog food ini dalam waktu yang cukup lama untuk mendukung perkembangan anjing. Informasi asupan juga telah dicantumkan dengan jelas di luar kemasan. Bahkan, komposisi dari bahan baku yang digunakan juga dijelaskan secara detail. Kemasan dari dog food ini juga cukup solid sehingga tetap menjaga kualitas dalam penyimpanan lebih lama. Namun, seluruh kelebihan dari dog food ini biasanya akan ditawarkan dengan harga yang lebih mahal. Tentu saja hal itu tidak akan menjadi masalah untuk mendukung pertumbuhan anjing.

Tips Memilih Dog Food

Tips Memilih Dog Food dengan Mudah

Semakin banyak kategori dan jenis dog food yang ditawarkan biasanya memudahkan kamu untuk menentukan pilihan yang baik. Namun, perlu diingat bahwa tidak seluruh jenis dog food akan sesuai dengan karakter pertumbuhan anjing. Apalagi dalam perkembangan tubuh anjing juga membutuhkan jumlah nutrisi yang berimbang. Berikut ini tips mudah untuk memilih dog food:

  1. Perhitungkan jumlah nutrisi

Dog food yang berkualitas selalu memberikan jumlah nutrisi ideal. Pilihan nutrisi yang dibutuhkan anjing biasanya terdiri dari kolaborasi protein dan karbohidrat yang tidak terlalu banyak. Selain itu, dog food itu juga akan memberikan vitamin yang cukup untuk mendukung pertumbuhan anjing. Komposisi nutrisi ini harus sering diberikan kepada anjing.

  1. Pilih kemasan kedap udara

Kualitas dog food juga didukung dengan kemasan yang sangat baik. Biasanya kemasan kedap udara akan menjaga kualitas dog food agar lebih tahan lama. Bahkan, beberapa dog food yang memiliki kemasan ini juga memudahkan penyimpanan tanpa harus menggunakan perlengkapan tambahan.

  1. Jangan tergiur harga promo

Biasanya harga promo sering diberikan pada beberapa jenis produk dog food. Namun, sebaiknya kamu tidak tergiur harga promo atau diskon yang terlalu murah. Bila kamu tertarik pada harga harga promo sebaiknya teliti seluruh informasi kandungan bahan baku dan masa kadaluarsa.

  1. Cek info kadaluarsa

Ini adalah bagian yang harus kamu pertimbangkan. Dog food kemasan selalu mencamtumkan masa kadaluarsa. Selain menghindari makanan buruk bagi anjing, masa kadaluarsa seperti ini juga bisa memudahkan perhitungan pemberian makan dengan jangka waktu tertentu. Jangan pernah memberikan dog food yang telah melewati masa kadaluarsa kepada anjing.

  1. Cek rincian komposisi

Rincian komposisi juga harus menjadi acuan penting sebelum kamu membeli dog food. Komposisi ini juga mencakup seluruh bahan baku yang digunakan dalam masa produksi. Apalagi kamu bisa mengetahui bahan baku yang harus dihindari untuk diberikan kepada anjing melalui dog food itu.

Tips Memilih Dog Food

Penyimpanan Dog Food yang Benar

Kualitas dog food biasanya memberikan pengaruh yang cukup besar untuk mendukung pertumbuhan anjing. Hal ini juga berlaku pada proses penyimpanan dog food yang akan diberikan dalam jangka waktu yang lebih lama. Semakin baik penyimpanan, maka dog food itu juga lebih tahan lama. Tentu saja ini menjadi keuntungan bagi kamu. Berikut ini cara penyimpanan ideal untuk dog food:

  1. Penyimpanan dog food kering

Jenis dog food ini memang selalu menjadi pilihan utama bagi pemilik anjing. Proses penyimpanan dari dog food ini juga tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu membutuhkan wadah transparan yang cukup besar untuk menampung seluruh dog food. Jangan lupa untuk menggunakan tutup yang kedap udara. Selain itu, hindari penempatan di tempat basah atau yang terlalu lembab. Penyimpanan yang baik untuk dog food kering ini akan terus menjaga kualitas.

  1. Penyimpanan dog food basah

Jenis dog food basah memang membutuhkan lebih banyak perhatian untuk proses penyimpanan. Ini dikarenakan jenis dog food ini banyak mengandung air yang sangat mudah terkontaminasi oleh jamur atau bakteri. Penyimpanan yang baik untuk dog food ini membutuhkan wadah kedap udara dengan ukuran yang lebih besar. Wadah itu kemudian diletakkan di dalam lemari es. Hal penting yang harus kamu ingat adalah jangan terlalu lama menyimpan dog food basah. Ini menjadi pertimbangan kamu untuk membeli dog food basah dengan porsi yang tidak terlalu banyak.

Protected by Copyscape

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress content guard plugin