Tanda anjing hamil dan cara merawat yang benar

Anjing hamil membutuhkan perawatan ekstra dan nutrisi yang sangat baik.

Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan proses kelahiran dan menjaga kondisi tubuh dari induk. Selain itu, nutrisi yang baik juga akan membuat janin dalam kandungan induk anjing ini akan semakin sehat. Untuk memberikan perawatan yang sangat baik, sebaiknya anda juga harus mengetahui kondisi dari induk anjing yang akan memasuki fase kehamilan di awal. Anda harus mengetahui gejala yang dialami anjing betina saat hamil. Hal ini memudahkan anda untuk menentukan perawatan yang sangat dibutuhkan pada anjing betina itu.

anjing hamil boleh mandiUsia kandungan pada induk anjing biasanya sekitar 2 bulan. Sehingga selama jangka waktu ini anda harus menerapkan perawatan yang lebih baik dan menawarkan jumlah nutrisi yang sangat dibutuhkan. Tanda kehamilan pada anjing sangat sulit untuk diketahui pada awalnya. Perubahan fisik pada anjing akan terlihat pada saat usia kandungan memasuki 4 minggu. Tentu saja hal ini membuat anda harus mengetahui lebih rinci tentang beberapa tanda anjing hamil pada saat pertama kali. (Baca juga karakter anjing ras)

anjing hamil muntahKenali tanda anjing hamil dengan persiapan yang lebih baik

Kondisi tubuh yang cenderung berubah hingga pola tingkah laku yang tidak biasanya pada anjing hamil akan memberikan efek yang sangat besar pada masa kelahiran. Apalagi kehamilan pada anjing seperti ini juga akan mempengaruhi kondisi fisik hingga mental pada anjing. Anda harus melakukan persiapan yang lebih matang untuk menjaga kesehatan pada anjing hamil seperti ini. Untuk memberikan perawatan yang sangat baik, kenali beberapa tanda anjing hamil seperti:

1. Anjing yang sedang hamil cenderung tidak memiliki nafsu makan

Beberapa dokter menyarankan untuk memberikan nutrisi yang baik setiap hari pada anjing. Namun, bila anjing tiba-tiba tidak memiliki nafsu makan seperti biasanya tentu saja hal ini akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Anjing itu bisa saja sakit atau sedang memasuki masa awal kehamilan. Bahkan, beberapa anjing ras juga merasakan morning sicknes atau kondisi seperti mual dan ingin mutah saat pertama kali bangun tidur di pagi hari. Tentu saja kondisi ini akan menjadi pertimbangan bagi anda untuk tetap membujuk angin mendapatkan nutrisi yang sangat baik. (Baca juga perawatan anjing terbaik)

2. Anjing mudah lelah meskipun jarang beraktivitas

Anjing yang sedang hamil cenderung mengalami kelelahan yang berlebihan. Bahkan, saat anjing itu tidak melakukan banyak pergerakan pada seluruh tubuh biasanya akan terlihat lesu. Anda bisa memeriksa suhu tubuh pada anjing yang mudah mengalami kelelahan seperti ini. Bila suhu seluruh tubuh tidak terlalu panas, kemungkinan anjing betina itu sedang hamil. Kondisi seperti ini akan segera diantisipasi dengan selalu membersihkan seluruh bagian kandang atau memindahkan anjing betina itu ke ruang yang lebih nyaman. Kondisi lingkungan yang sehat akan memberikan kenyamanan saat anjing betina itu beristirahat karena kelelahan.

3. Perubahan tingkah laku

Perubahan tingkah laku pada anjing betina yang sedang hamil sangat terlihat jelas. Anda akan mendapati anjing betina itu akan mencari tempat yang nyaman untuk beristirahat. Namun, kadang-kadang tempat yang digunakan itu bukan kandang yang biasanya menjadi tempat tinggal. Kemungkinan anjing ini akan mencari tempat lain yang cukup luas dan memiliki alas yang cukup lembut. Anda bisa membantu anjing betina ini dengan menyediakan tempat yang lebih baik. Biasanya beberapa lapisan kain yang cukup lembut dengan pengaturan seperti tempat tidur akan membuat anjing betina ini mendapatkan kenyamanan yang diinginkan. Anda bisa menempatkan kotak beralas kain lembut itu di lokasi yang tidak mudah terganggu oleh orang lain.

4. Perubahan fisik yang cukup mencolok

Perubahan fisik pada anjing akan terjadi saat kehamilan memasuki usia 4 minggu. Usia kehamilan seperti ini membuat anda semakin memberikan perhatian khusus dan perawatan yang lebih baik. Biasanya anda akan menemukan perubahan fisik yang terjadi pada bagian puting. Anjing betina yang sedang hamil biasanya akan mengalami perubahan ukuran puting menjadi lebih besar dari biasanya.

Perubahan fisik lainnya yang akan sangat mudah terlihat adalah pada bagian perut. Anjing yang memasuki kehamilan pada bulan pertama akan memiliki perut yang lebih besar. Untuk memastikan kehamilan ini, mungkin anda bisa sedikit menyentuh pada bagian perut. Biasanya perut anjing betina yang membesar karena kehamilan pada bulan pertama akan memiliki tekstur yang cukup berbeda. (Baca juga tips kesehatan anjing terbaik)

anjing hamil sampai berapa bulanTips untuk merawat anjing hamil

Proses kehamilan yang dialami anjing betina biasanya dalam waktu 2 minggu. Sehingga pada masa ini anda harus melakukan perawatan yang intensif untuk mendukung kondisi tubuh dan menjaga janin bayi pada anjing. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk tetap menjaga kondisi fisik dari anjing betina ini. Beberapa cara untuk merawat anjing hamil seperti:

1. Selalu membujuk anjing untuk tetap mengkonsumsi nutrisi terbaik.

Anjing yang sedang hamil biasanya akan mengalami penurunan nafsu makan. Hal ini tentu akan memberikan kondisi yang buruk bagi kesehatan janin anjing betina. Anda bisa membujuk anjing betina itu dengan memberikan makanan dengan nutrisi terbaik. Tidak ada salahnya untuk selalu menemani anjing ini makan setiap waktu. (Baca juga jenis penyakit anjing)

2. Memberikan suplemen atau vitamin tambahan pada anjing hamil akan mendukung proses persalinan yang lebih baik.

Anda bisa mendapatkan suplemen atau vitamin ini dari beberapa dog food yang disarankan oleh dokter hewan.

3. Lakukan pemeriksaan kepada dokter hewan secara teratur

Hal ini dilakukan untuk mengetahui kondisi seluruh janin dan fisik dari induk. Apalagi pemeriksaan seperti ini juga akan menjadi pertimbangan bagi anda untuk memutuskan proses persalinan yang tepat.

4. Hindari latihan fisik secara berlebihan saat anjing hamil

Biasanya anda mungkin akan mengajak anjing bermain atau mengelilingi lingkungan sekitar dengan berjalan. Namun, saat anjing betina memasuki masa kehamilan 6-8 minggu, sebaiknya latihan fisik seperti itu dikurangi. Hal ini untuk menjaga kondisi tubuh induk anjing betina tetap terjaga sebelum melahirkan.

anjing hamil tidak mau makanTanda anjing hamil yang akan segera melahirkan

Saat memasuki usia kehamilan dibulan kedua, perubahan fisik pada anjing betina akan sangat terlihat. Selain itu, kondisi kesehatan dan perilaku dari anjing betina itu juga akan terus berubah. Bahkan, beberapa anjing betina yang akan memasuki fase melahirkan akan mengalami rasa sakit yang membutuhkan perhatian khusus. Berikut ini adalah beberapa gejala atau tanda yang mudah dilihat saat anjing betina akan segera melahirkan:

1. Anjing yang ingin melahirkan biasanya akan merasakan sakit perut berlebihan

Sakit perut yang dirasakan pada anjing betina ini akibat kontraksi. Kontraksi yang terjadi pada anjing betina itu terjadi dengan perhitungan waktu sekitar 6-18 jam sebelum melahirkan. Sehingga pada saat memasuki masa ini, anda harus melakukan persiapan untuk membantu persalinan. Kontraksi yang terjadi pada masa itu biasanya meningkatkan kadar hormon pada anjing. Rasa sakit yang dialami anjing sebelum melahirkan seperti ini akan meningkatkan kegelisahan bahkan akan meraung kesakitan. (Baca juga jenis makanan anjing terbaik)

2. Adanya cairan yang akan keluar dari bagian reproduksi anjing sebelum melahirkan

Saat akan melahirkan, bagian dari reproduksi anjing akan mengeluarkan cairan hitam kehijauan dan kantong cairan plasenta. Kantong plasenta yang dikeluarkan ini akan berbarengan dengan anak anjing yang lahir. Anjing termasuk salah satu hewan peliharaan yang akan melahirkan beberapa anak. Hal yang harus anda ingat adalah kelahiran dari setiap bayi anjing ini terjadi pada 10-30 menit sekali. Sehingga hal ini membuat anda harus mengambil keputusan apakah proses kelahiran akan dilakukan anjing betina itu sendiri atau dibantu dokter hewan. Tentu saja keputusan ini akan disesuaikan dengan kondisi dari induk anjing.

Protected by Copyscape

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress content guard plugin