Karakter dan sifat anjing ras Siberian Husky

Anjing Siberian Husky adalah salah satu ras yang sangat digemari di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Apalagi penampilan fisik dan bentuk bulu yang mengesankan akan membuat anjing ini tampil sangat elegan. Bahkan, pada usia dewasa, anjing ras Siberian Husky akan tampil dengan bentuk tubuh sangat gagah dengan rahang dan tulang yang cukup kuat. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk memelihara anjing ras ini, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal. Karakter dan kepribadian yang dimiliki anjing Siberian Husky akan mempengaruhi pola pemeliharaan dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, kondisi lingkungan dan nutrisi yang sangat baik juga sangat dibutuhkan pada perkembangan mental dan fisik pada anjing ras ini.

karakter anjing siberian huskyMenurut beberapa literatur, ras Siberian Husky termasuk dalam anjing tertua. Perkembangan anjing ini awalnya berasal dari suku Chukchi yang merupakan suku nomaden di Siberia. Kebiasaan berpindah suku ini membuat mereka membutuhkan alat transportasi yang baik. Sehingga anjing ini menjadi penggerak kereta luncur salju di lingkungan mereka. Hal ini yang membuat Siberian Husky termasuk dalam kategori anjing liar yang cukup ramah.

Bahkan, anjing ini juga menjadi tempat bersandar yang sangat nyaman karena ketebalan bulu mereka memberikan kehangatan bagi suku Chukchi. Perkembangan yang sangat pesat pada anjing ini akhirnya meluas hingga ke luar Siberia hingga ke seluruh dunia. Namun, banyak pola pengembangbiakkan pada anjing ini tidak sehat. Sehingga membuat banyak hasilnya memiliki beberapa cacat fisik hingga ke organ tubuh bagian dalam.

karakter anjing siberian huskyMengenal karakter anjing Siberian Husky

Beberapa alasan penting yang membuat banyak orang memelihara ras Siberian Husky adalah karakter yang tidak seperti anjing ras lainnya. Karakter anjing Siberian Husky dianggap sangat ramah. Bahkan, terlalu ramah pada setiap orang yang baru saja dikenal. Namun, perkembangan karakter ini biasanya juga akan disesuaikan melalui pola pelatihan dan pemeliharaan yang diterapkan dengan sangat baik.

1. Sifat liar anjing Husky

Namun, sifat liar yang berada di dalam anjing ras ini tidak bisa hilang begitu saja. Sebagai hewan peliharaan yang berasal dari suku nomaden di Siberia, Siberian Husky memiliki jiwa petualang. Bahkan, bila Anda tidak bisa menjaga anjing ras ini dengan sangat baik, suatu hari anjing ini akan melarikan diri dengan mencari celah dan berpetualang di lingkungan baru. Tentu saja masalah ini menjadi hal besar yang harus diperhitungkan.

Baca juga : berbagai karakter anjing ras lainnya.

2. Jiwa petualang Husky

Jiwa petualang yang dimiliki Siberian Husky bisa anda kendalikan dengan menempatkan anjing ras ini di lingkungan yang sangat ramah. Jangan pernah menempatkan anjing ras ini di ruang tertutup atau kandang yang terlalu kecil. Biasanya ruang yang terlalu kecil akan memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan dan perkembangan psikis dari anjing ini. Anda bisa menempatkan di dalam rumah namun jangan biarkan celah besar pada rumah anda terbuka lebar seperti pintu atau jendela.

Nenek moyang Siberian Husky yang berasal dari wilayah beriklim dingin biasanya juga mempengaruhi kenyamanan pada anjing ini. Bila Anda memutuskan untuk memelihara anjing ras ini di dalam ruangan, sebaiknya jaga suhu seluruh bagian ruangan agar tidak terlalu panas. Bahkan, sebagian dari pengadopsi dan pemelihara anjing ini juga menempatkan pendingin udara di ruang tempat Siberian Husky berada. Selain memberikan kenyamanan, suhu yang cukup dingin juga akan menjaga kualitas bulu pada Siberian Husky agar tidak rontok.

3. Anjing Husky penurut

Karakter anjing Siberian Husky yang sangat penurut membuat mereka membutuhkan sosok pemimpin yang sangat baik. Selain menjadi teman, Anda juga dituntut untuk menjadi pemimpin yang sangat mengerti mereka. Penerapan pola seperti ini juga bisa memberikan dampak pada perkembangan dan pelatihan bagi mereka. Apalagi bila Anda berhasil menerapkan pola pelatihan yang sangat baik, maka anjing ras ini akan menjadi peliharaan yang sangat menyenangkan.

Karakter penurut dan ramah pada anjing ini bisa dikendalikan dengan hal yang cukup sederhana. Hal penting yang harus Anda mulai adalah jangan terlalu memanjakan anjing ini dengan memberikan makanan terlalu banyak. Biasakan memberikan makanan secara teratur atau menunggu anjing ini memintanya kepada Anda. Selain itu, Anda juga bisa memberikan peringatan kecil bila anjing Siberian Husky ini mulai tidak bisa dikendalikan dengan menghardik.

Baca juga : tips perawatan anjing sederhana.

4. Anjing Husky tidak berisik

Karakter anjing Siberian Husky yang paling menyenangkan adalah ras ini tidak berisik. Bahkan, sebagian dari anjing ini juga hanya menggonggong pada waktu tertentu saja. Tidak seperti anjing lainnya yang menggonggong saat bertemu orang baru, Siberian Husky malah terlihat sangat ramah terhadap orang yang baru dikenalnya.

5. Kadang-kadang anjing Husky tempramental

Namun, pada saat tertentu anjing Husky juga bisa terlihat sangat marah dan menggonggong secara tidak teratur. Tingkah laku tempramental seperti ini biasanya terjadi akibat kondisi lingkungan yang tidak mendukung, suhu sekitar yang terlalu panas, atau ada yang mengganggu secara fisik. Untuk menghindari hal ini terjadi, Anda harus memberikan waktu luang untuk bermain bersama setiap hari. Cara seperti ini juga dianggap akan mendekatkan diri secara emosional antara Anda dan Siberian Husky.

karakter anjing siberian huskyBentuk fisik dari Siberian Husky

Penampilan elegan dan sangat mewah dimiliki anjing Siberian Husky. Apalagi beberapa orang menganggap bahwa hanya orang tertentu saja yang bisa sangat berhasil untuk memelihara dan mendidik anjing seperti ini. Penampilan elegan ini didukung dengan bulu Siberian Husky yang tampil sangat lebat dan lembut. Bahkan, sebagian dari anjing ini juga memiliki pola warna berbeda untuk seluruh bagian dari bulu di tubuhnya.

1. Bulu anjing Husky

Penampilan bulu pada anjing ini harus menjadi perhatian utama. Sehingga Anda juga harus melakukan perawatan secara rutin pada anjing Husky ini dengan memperhatikan kondisi bulu. Pertumbuhan bulu Siberian Husky yang sehat biasanya didukung dengan suhu sekitar yang lebih baik. Selain itu, kondisi lingkungan di ruang sekitar anjing ini juga harus bersih dari banyak kotoran. Jangan pernah biarkan banyak kotoran atau bakteri apapun menempel pada bagian kulit terluar anjing ini.

Baca juga : tips kesehatan anjing terbaik.

2. Ukuran anjing Husky

Ukuran pada anjing Siberian Husky biasanya sangat berbeda antara jantan dan betina. Anjing jantan memiliki ukuran 50 cm hingga 60 cm. Untuk betina pada anjing ini memiliki ukuran lebih pendek sekitar 45 cm hingga 49 cm. Namun, ukuran ini biasanya juga tergantung dari nutrisi dan latihan yang diberikan. Pada usia dewasa, Siberian Husky memiliki berat sekitar 25 kg hingga 30 kg untuk jantan. Sedangkan pada betina memiliki berat 18 kg hingga 25 kg.

3. Berat badan anjing Husky

Berat badan ini pada umumnya dimiliki pada anjing yang telah melalui tahap pemeliharaan dan perhitungan nutrisi yang sangat baik. Hindari perhitungan berat badan yang terlalu berlebihan untuk anjing Siberian Husky seperti ini. Bila anjing itu memiliki berat yang melebihi standar usia dewasa, segera terapkan latihan khusus untuk menghindari obesitas. Apalagi obesitas pada Siberian Husky akan mengganggu perkembangan seluruh bagian tubuh.

4. Bentuk rahang anjing Husky

Bentuk rahang dan tulang pada Siberian Husky sangat kokoh. Apalagi pada usia dewasa, anjing ini terlihat sangat menawan dengan rahang yang sedikit menonjol. Tentu saja pertumbuhan tulang dan rahang ini juga tergantung dari nutrisi protein yang Anda berikan untuk Husky. Keseimbangan pola latihan setiap hari untuk husky juga mendukung pembentukan dari tulang yang sangat baik.

5. Warna mata anjing Husky

Sebagian dari Siberian Husky memiliki warna mata yang sangat berbeda. Anda akan menemui beberapa Husky yang memiliki mata cukup kemerahan atau kebiruan. Bahkan, beberapa kelompok penyayang anjing menganggap bahwa warna mata dari Siberian Husky akan mempengaruhi penampilan hingga harga jual.

karakter anjing siberian huskyMasalah kesehatan pada anjing Siberian Husky

Sama seperti ras lainnya, anjing Siberian Husky juga memiliki kesehatan yang cukup serius. Apalagi bila anda mendapatkan husky dari peranakan yang tidak baik. Sebelum Anda memutuskan untuk memelihara anjing ini, sebaiknya cari informasi penting tentang sejarah peranakan pada Husky itu. Bahkan, Anda juga bisa meminta sertifikat atau ijin kesehatan yang berasal dari kelompok yang melalukan breed untuk Husky.

Baca juga : jenis penyakit anjing pada umumnya.

Beberapa masalah kesehatan serius yang selalu menyerang anjing Siberian Husky terdiri dari penyakit katarak, dystrophy pada kornea, dan PRA atau yang sering disebut dengan Progressive Retinal Atrophy.

1. Penyakit katarak

Penyakit ini adalah salah satu dari penyakit yang sering menyerang Siberian Husky. Biasanya hal ini terjadi di usia tua dan menyebabkan permasalah penglihatan pada seluruh bagian mata. Anda bisa menghindari penyakit ini dengan memberikan nutrisi terbaik yang banyak mengandung vitamin A. Selain itu, kondisi lingkungan sekitar juga memberikan pengaruh untuk menghindari penyakit katarak pada anjing Husky.

Baca juga : makanan terbaik untuk anjing

2. Dystrophy pada kornea

Penyakit ini akan mempengaruhi kondisi kornea atau bagian transparan di luar bola mata anjing. Penyakit seperti ini sering terjadi pada usia dewasa muda dan tua. Bagian mata pada anjing ini memang sangat rentan terhadap banyak penyakit. Bila terjadi permasalahan pada bagian kornea, sebaiknya anjing ini mendapatkan pemeriksaan khusus di klinik. Sebaiknya hindari tindakan medis operasi pada korna dan utamakan terapi pada penyakit ini.

3. Progressive Retinal Atrophy atau yang sering disebut dengan PRA

Penyakit ini merupakan gangguan pada bagian mata yang bisa menyebabkan kebutaan permanen. Penyakit ini akan membuat hilangnya fotoreseptor di bagian belakang mata anjing.

Protected by Copyscape

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress content guard plugin