Informasi penting tentang loop atau siklus menstruasi anjing

Siklus menstruasi anjing atau loop adalah perubahan yang terjadi secara normal pada betina di usia dewasa.

Siklus yang terjadi seperti ini adalah hal yang wajar dan dianggap sebagai salah satu pertimbangan untuk perkembangbiakan pada betina. Tentu saja untuk mengantisipasi terjadinya siklus pertama kali, sebaiknya anda juga harus mengetahui beberapa hal penting tentang loop pada anjing ini. Hal ini dilakukan untuk memudahkan anda mengambil keputusan terhadap pola perawatan yang akan diberikan pada anjing betina itu. Selain itu, menurut beberapa dokter hewan bagi anjing betina yang baru pertama kali mengalami siklus loop seperti ini biasanya memiliki perubahan kondisi kesehatan tubuh yang berbeda. (Baca juga berbagai karakter anjing ras)

anjing menstruasiUntuk memberikan perawatan yang sangat baik pada anjing yang mengalami menstruasi, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa tahapan penting. Siklus menstruasi pada anjing betina memiliki tahapan yang terdiri dari proestrus, estrus, diestrus dan tahapan yang terakhir adalah anestrus. Untuk proses perkembangbiakan yang sangat baik, disarankan untuk melakukan breeding pada saat memasuki tahapan estrus. Anda tidak disarankan untuk menerapkan proses perkawinan saat anjing betina memasuki tahapan pertama yaitu proestrus. Hal ini dianggap akan memberikan kondisi yang cukup buruk bagi kesehatan dari anjing. (Baca juga tips perawatan anjing terbaik)

anjing menstruasiGejala menstruasi pada anjing betina yang harus anda ketahui

Biasanya siklus menstruasi anjing akan diketahui melalui gejala yang bisa anda lihat dan rasakan secara langsung. Selain perubahan fisik pada beberapa bagian tubuh, biasanya gejala anjing menstruasi juga akan diperlihatkan melalui pola tingkah laku setiap hari. Hal ini dianggap akan memudahkan anda untuk memberikan perawatan yang lebih baik untuk menjaga kestabilan kondisi pada anjing yang memasuki siklus loop. Beberapa gejala menstruasi yang akan dialami anjing betina biasanya terdiri dari:

1. Bagian reproduksi pada anjing akan mengeluarkan darah yang cukup berlebihan

Gejala ini biasanya disertai dengan pembengkakan vulva. Tentu saja jumlah darah yang dikeluarkan tidak seperti saat manusia mengalami menstruasi. Namun, anda harus memperhatikan gejala seperti ini secara lebih baik. Bila jumlah darah yang keluar terlalu banyak, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter hewan. Beberapa ras anjing yang merasakan gejala menstruasi biasanya akan memiliki tindakan secara alami dengan membersihkan sendiri bagian reproduksi. Namun, tidak semua anjing ras memiliki tingkah laku seperti ini. Hal ini yang membuat anda harus melakukan tindakan secara langsung untuk memberikan bantuan saat membersihkan darah yang keluar. (Baca juga tips kesehatan anjing)

2. Frekuensi buang air kecil yang akan meningkat

Beberapa anjing ras yang akan mengalami gejala menstruasi biasanya akan melakukan tindakan buang air kecil secara berlebihan. Anda bisa melakukan perhitungan terhadap peningkatan ini dengan porsi pemberian air minum yang sudah dibatasi. Bila porsi air minum yang diberikan sama seperti biasanya dan mengalami peningkatan buang air kecil, biasanya anjing betina ini akan segera memasuki fase menstruasi.

3. Perubahan tingkah laku yang tidak wajar

Beberapa anjing ras betina yang sedang merasakan gejala menstruasi akan mengalami perubahan tingkah laku. Perubahan seperti ini biasanya terjadi secara wajar hingga di luar batas. Tingkah laku yang biasanya tidak pernah anda lihat adalah dengan menyelipkan ekor pada bagian di dekat reproduksi dengan waktu yang cukup lama. Selain itu, anda juga akan melihat perubahan tingkah laku yang cukup hiperaktif walaupun tidak ada objek lain di sekitar yang mengganggu. Sebaiknya anda juga selalu berada di dekat anjing betina ini untuk mengendalikan perubahan tingkah laku yang berlebihan.

4. Pola makan yang berubah drastis

Perubahan pola makan yang sangat drastis pada anjing betina juga bisa menjadi salah satu gejala akan memasuki siklus menstruasi. Biasanya perubahan pola seperti ini akan melibatkan jumlah porsi makanan yang terlalu berlebihan. Beberapa anjing ras yang mendapatkan gejala menstruasi akan mulai mengkonsumsi makanan dengan porsi berlebihan. Namun, ada juga beberapa ras anjing yang akan mengalami penurunan porsi makan. Untuk mengantisipasi hal seperti ini, sebaiknya anda melakukan pendekatan hingga membujuk anjing itu untuk mengkonsumsi nutrisi dengan cukup. Apalagi jumlah nutrisi yang cukup baik juga akan memberikan pengaruh terhadap kondisi kesehatan saat memasuki fase menstruasi.

5. Perubahan fisik pada anjing betina

Gejala menstruasi anjing yang bisa dilihat dengan sangat mudah adalah perubahan fisik pada bagian tertentu. Anjing betina yang akan memasuki siklus menstruasi akan mendapatkan beberapa bagian tubuh membesar seperti pada bagian saluran menyusui. Selain itu, bagian vulva juga akan mengalami pembesaran dari kondisi normal. Anda tidak perlu merasa khawatir bisa anjing mendapatkan perubahan fisik seperti ini.

6. Gejala alam sebagai penanda anjing akan menstruasi

Sebenarnya anda akan dibantu oleh kondisi lingkungan untuk memberikan penanda bahwa anjing betina akan memasuki siklus loop. Biasanya beberapa anjing jantan yang berada di sekitar rumah anda atau kandang anjing betina akan sering melakukan kunjungan. Namun, intensitas kunjungan seperti ini tidak biasa. Bahkan, jumlah anjing yang akan berkeliaran di sekitar rumah anda akan semakin banyak pada waktu tertentu.

anjing menstruasiPerhitungan usia anjing betina yang mengalami menstruasi

Beberapa dokter hewan mengungkapkan bahwa biasanya siklus menstruasi anjing betina yang dialami pertama kali akan berada di usia sekitar 6 bulan. Namun, beberapa anjing ras betina lainnya kadang-kadang mengalami siklus seperti ini lebih cepat atau sangat lama. Bahkan, sebagian anjing yang mengalami perkembangan tidak teratur akan mendapatkan siklus menstruasinya pada usia 14 bulan. Saat mendapatkan siklus menstruasi pertama kali seperti ini tidak berarti anjing betina akan langsung melakukan breeding. (Baca juga jenis penyakit anjing)

Siklus mens pertama kali pada anjing betina hanya sebagai penanda bahwa anjing tersebut sudah memasuki usia dewasa dan membutuhkan perawatan yang lebih baik. Hal penting yang harus anda pertimbangkan adalah bila melebihi dari usia 14 bulan anjing betina tidak mengalami gejala atau mendapatkan siklus mens, sebaiknya anda harus melakukan pemeriksaan kepada dokter hewan. Hal ini untuk menghindari berbagai penyakit yang mempengaruhi kondisi psikis dan rahim dari anjing betina.

anjing menstruasiSiklus normal pada anjing menstruasi

Biasanya siklus menstruasi anjing ras betina akan terjadi sekitar 21 hari. Namun, anda tidak perlu merasa khawatir karena sebagian anjing juga akan mendapatkan menstruasi dengan jangka waktu sekitar 2 minggu. Tentu saja perhitungan normal ini juga akan disesuaikan dengan kondisi fisik anjing. Bila anjing anda mengalami menstruasi lebih dari 4 minggu, sebaiknya lakukan pemeriksaan kepada dokter hewan. (Baca juga pilihan makanan anjing terbaik)

Beberapa dokter juga mengungkapkan bahwa normalnya anjing betina akan mengalami menstruasi setiap 6-8 bulan. Bila dihitung, anjing ras betina akan mendapatkan siklus menstruasinya sekitar 2 kali dalam jangka waktu setahun. Pada saat anjing betina itu mendapatkan mens pertama kali, anda juga harus melakukan perawatan yang lebih ekstra dengan menerapkan pembersihan pada bagian vulva. Pembersihan ini dilakukan agar darah yang keluar tidak menempel dalam waktu yang cukup lama dan menjadi sarang dari berbagai bakteri.

Protected by Copyscape

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress content guard plugin