Gejala anjing diare dan pertolongan yang diberikan

Beberapa anjing ras sangat mudah terkena penyakit diare.

Hal ini yang membuat anda harus mengetahui gejala anjing diare untuk memudahkan pertolongan yang diberikan. Salah satu penyebab yang membuat anjing kesayangan terkena penyakit diare adalah kebiasaan menjilat secara langsung pada beberapa barang yang baru saja ditemui di sekitar lingkungan.

anjing diare obatnya apaBakteri sangat mudah menempel pada banyak barang yang sering dijilat oleh anjing. Bakteri ini yang membuat anjing akan mendapatkan penyakit diare. Apalagi beberapa objek yang sering dikunyah anjing biasanya akan memudahkan berbagai bakteri langsung masuk ke dalam organ pencernaan. Hal ini juga yang membuat anda harus memberikan pertolongan pertama dan perawatan serius. Bila tidak mendapatkan perawatan serius, penyakit diare pada anjing bisa menyebabkan kematian. (Baca juga berbagai karakter anjing)

anjing terkena diareBeberapa gejala anjing diare yang harus anda ketahui

Perubahan pola tingkah laku menjadi salah satu dari beberapa gejala anjing diare. Namun, perubahan tingkah laku seperti ini juga akan diikuti dengan kondisi kesehatan yang akan semakin menurun. Melalui beberapa gejala yang timbul saat anjing mengalami diare seperti itu dianggap akan memudahkan anda untuk memberikan pertolongan yang sangat sesuai. Beberapa gejala diare pada anjing yang bisa anda lihat secara langsung seperti:

1.    Intensitas buang air besar yang berlebihan

Gejala penyakit diare yang diderita anjing memiliki kesamaan seperti yang dialami manusia. Biasanya intensitas buang air besar sangat berlebihan dalam waktu yang cukup singat. Tentu saja hal ini akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan anjing. Selain itu, proses buang air besar yang tidak normal ini juga akan membuat sistem pencernaan terganggu hingga dalam tahap mengkhawatirkan. Bahkan, hal yang lebih parah lagi adalah diare yang dialami anjing juga akan membuat dehidrasi akut akibat terlalu banyak cairan yang keluar. (Baca juga perawatan anjing terbaik)

2.    Bentuk feses yang tidak padat

Anda bisa mengetahui tanda diare yang dialami banyak anjing ras melalui bentuk feses. Biasanya feses yang dikeluarkan anjing cenderung padat memiliki tekstur yang cukup keras. Namun, saat anjing mengalami diare yang cukup parah, bentuk feses akan berubah menjadi sangat lembek. Intensitas buang air besar yang terlalu berlebihan membuat perubahan tesktur dari feses yang terlalu cair. Hal ini dikarenakan seluruh proses sisa makanan telah habis dikeluarkan.

3.    Mengeluarkan lendir atau darah saat buang air besar

Untuk diare yang cukup parah dialami berbagai anjing ras biasanya akan mengeluarkan lendir saat buang air besar. Bahkan, beberapa anjing yang mengalami diare akut akan mengeluarkan bercak darah saat mengalami diare. Bila dalam tahap ini, sebaiknya anda harus melakukan pemeriksaan kepada dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik. Pemeriksaan itu dilakukan untuk mencegah keadaan yang lebih buruk. Apalagi kondisi seperti yang berkelanjutan akan membuat anjing mengalami infeksi pada saluran pencernaan.

4.    Gangguan metabolisme tubuh secara menyeluruh

Diare pada anjing juga menyebabkan gangguan pada metabolisme tubuh. Hal ini juga berpengaruh terhadap kondisi kesehatan dan bentuk fisik secara keseluruhan. Tidak adanya asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh secara normal akan membuat anjing kehilangan banyak berat badan hingga kekuaran tenaga secara signifikan. (Baca juga tips kesehatan anjing terbaru)

perawatan anjing diarePertolongan sederhana untuk anjing yang mengalami diare

Gejala anjing diare yang anda ketahui secara cepat akan memudahkan pertolongan bagi anjing itu sendiri. Anda juga bisa menerapkan pertolongan ini untuk mencegah keadaan menjadi lebih buruk bagi kesehatan anjing. Beberapa pertolongan sederhana yang bisa diberikan anjing saat mengalami diare buruk seperti:

1.    Memberikan air kelapa

Air kelapa dianggap bisa menetralisir seluruh kondisi saluran pencernaan yang terindikasi berbagai bakteri penyebab diare. Anda bisa memberikan air kelapa ini secara langsung bagi anjing. Namun, porsi yang diberikan sebaiknya tidak terlalu banyak. Biasanya sesaat meminum air kelapa ini, anjing akan muntah. Namun, anda tidak perlu merasa khawatir karena muntahan dari anjing itu adalah bagian dari bakteri penyebab diare pada saluran pencernaan. Tindakan sederhana ini sebaiknya diberikan tidak terlalu lama setelah gejala diare terlihat dengan jelas. (Baca juga jenis penyakit anjing)

2.    Berikan air campuran garam dan gula

Salah satu tindakan sederhana untuk anjing diare adalah dengan memberikan campuran air beserta gula dan garam. Campuran ini sering diberikan pada manusia yang juga terkena diare. Namun, anda juga bisa menerapkan minuman ini untuk anjing. Fungsi dari campuran pada minuman ini untuk menghindari dehidrasi berlebihan dan mengembalikan kondisi cairan tubuh pada anjing. Saat anjing mengalami diare, biasanya cairan tubuh akan banyak keluar. Sehingga kondisi ini akan membuat anjing mengalami dehidrasi yang cukup parah. Untuk mengembalikan cairan tubuh pada kondisi semula, anda bisa memberikan campuran gula dan garam melalui minuman untuk anjing.

pertolongan anjing diareTindakan medis setelah diagnosa gejala anjing diare

Setelah mendapatkan diagnosa penyakit diare pada anjing, sebaiknya anda harus melakukan tindakan medis dengan melakukan pemeriksaan di klinik atau dokter hewan. Tindakan medis seperti ini juga diterapkan berdasarkan kondisi kesehatan dan perubahan fisik dari anjing. Beberapa dokter menyarankan untuk memberikan pilihan obat diare yang disesuaikan terhadap usia dan takaran dosis. Pilihan dari obat diare untuk anjing yang biasanya diberikan seperti Kaopectat, Nifural, dan Newdiatabs. Seluruh pilihan obat itu akan diberikan melalui saran dari dokter hewan. Sebaiknya anda tidak memberikan dosis atau jenis obat diare yang salah kepada anjing kesayangan. (Baca juga jenis makanan anjing terbaik)

Perawatan anjing diare setelah tindakan medis

Setelah mendapatkan tindakan medis akibat diare yang cukup parah, anda harus memberikan perawatan yang lebih intensif untuk anjing. Hal ini juga akan mendukung kondisi seluruh tubuh kembali normal seperti biasanya. Selain itu, perubahan metabolisme tubuh pada anjing juga akan dipengaruhi terhadap perawatan yang anda berikan. Beberapa perawatan sederhana untuk anjing diare bisa anda lakukan kapan saja, seperti:

1.    Memberikan nutrisi yang lebih baik

Beberapa anjing yang mengalami diare akan diberikan nutrisi terbaik dengan takaran yang berbeda. Biasanya nutrisi ini melibatkan beberapa pilihan seperti protein, karbohidrat dan berbagai vitamin. Namun, ada juga beberapa pemilik anjing yang menerapkan puasa dengan jangka waktu yang cukup singkat. Pilihan perawatan awal seperti ini sebaiknya disesuaikan dengan kondisi anjing. Tidak ada salahnya anda untuk memulai perawatan sederhana bagi anjing yang terkena diare dengan memberikan asupan nutrisi yang lebih baik.

2.    Melakukan pembersihan lingkungan

Kebersihan lingkungan anjing juga memberikan dampak yang sangat serius bagi kesehatan anjing setelah mengalami diare. Biasanya kebersihan ini akan melibatkan kandang dan seluruh perlengkapan. Sebaiknya anda melakukan pembersihan kandang setiap 2 minggu sekali. Pembersihan ini untuk menghindari berbagai bakteri hinggap di bagian kandang. Apalagi anjing juga akan tinggal di kandang itu dalam waktu yang cukup lama. Cuci dengan bersih tempat makan dan minum yang sering digunakan anjing. Bakteri yang menempel pada perlengkapan ini akan mudah masuk ke dalam saluran pencernaan.

3.    Lakukan pemeriksaan kesehatan secara bekala

Untuk mengetahui kondisi terbaru dari anjing yang mengalami diare, sebaiknya dan rutin melakukan pemeriksaan di klinik atau dokter hewan secara langsung. Hal ini juga menghindari penyebaran virus dan bakteri penyebab diare ke seluruh tubuh anjing.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress content guard plugin