Cara Mudah Merawat Bulu Anjing dan Menghindari Kerontokan

Bulu merupakan bagian dari anjing yang memiliki sensitifitas cukup tinggi.

Ada beberapa jenis anjing yang mempunyai karakter bulu berbeda. Biasanya jenis anjing itu akan membutuhkan perawatan terhadap bulu yang lebih ekstra. Bulu yang sehat pada anjing juga memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan dan kesehatan anjing itu sendiri. Tidak hanya itu, anjing dengan bulu sehat biasanya tidak akan berdampak buruk bagi lingkungan sekitar, termasuk pada pemilik. Perawatan anjing yang dibutuhkan biasanya disesuaikan dengan karakter anjing itu sendiri. Perawatan ini membutuhkan waktu dan biaya yang lebih banyak untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Untuk merawat bulu anjing kamu harus meluangkan waktu khusus sehingga anjing juga terhindar dari penyakit kulit.

cara mudah merawat bulu anjing

Cara Mudah Merawat Bulu Anjing

Perawatan terhadap bulu anjing dilakukan untuk menghindari kerusakan atau penyakit pada bagian kulit terluar. Hal ini biasanya disebabkan oleh bakteri, jamur hingga kutu. Namun, perawatan pada bulu anjing juga dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi anjing itu sendiri. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan perawatan seperti ini biasanya disesuaikan dengan usia anjing. Cara yang dibutuhkan juga akan melibatkan beberapa perlengkapan dan jumlah biaya tertentu. Sebenarnya, kamu bisa melakukan perawatan dengan cukup mudah tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu mahal. Beberapa cara mudah merawat bulu anjing biasanya terdiri dari memandikan anjing, pemberian nutrisi yang ideal, pencegahan penyakit melalui vaksin, hingga grooming.

cara mudah merawat bulu anjing

Berikut ini beberapa pilihan cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk merawat bulu anjing dan menghindari kerontokan berlebihan:

  1. Memandikan anjing secara berkala

Beberapa jenis anjing memang memiliki karakter bulu berbeda. Bila kamu memiliki anjing dengan jenis bulu yang lebih lebat sebaiknya terapkan perawatan secara berkala. Perawatan ini dimulai dari hal sederhana dan tidak akan membutuhkan biaya yang sangat mahal. Selain itu, kamu harus meluangkan waktu yang lebih banyak untuk melakukan perawatan ini. Memandikan anjing secara berkala akan memberikan dampak yang sangat baik. Apalagi hal ini juga akan menghindari kerontokan bulu. Kamu harus ingat bahwa cara memandikan anjing juga disesuaikan dengan usia. Biasanya anak anjing akan membutuhkan durasi yang berbeda untuk dimandikan dibandingkan dengan usia dewasa. Jangan lupa untuk selalu gunakan shampoo khusus anjing yang tidak memiliki bahan berbahaya. Perlengkapan tambahan yang dibutuhkan adalah corong khusus agar anjing tidak menjilat bulu setelah dimandikan.

  1. Pemberian nutrisi yang cukup

Nutrisi yang diberikan pada anjing juga akan memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan bulu. Biasanya nutrisi seperti ini berasal dari seluruh jenis makanan yang diberikan. Jenis makanan yang diberikan akan dibedakan berdasarkan usia. Biasanya jenis makanan untuk anak anjing akan berbeda dibandingkan dengan anjing dewasa. Pemilihan jenis makanan juga bisa terdiri dari makanan siap saji seperti dog food pada umumnya atau memberikan makanan olahan dari bahan alami. Untuk memudahkan perawatan bulu ini sebaiknya kamu memilih dog food yang sudah tersedia di pasaran. Pilih jenis nutrisi atau makanan yang memiliki protein dan vitamin yang lebih tinggi. Untuk mengetahui kandungan nutrisi pada makanan itu biasanya sudah tersedia informasi di kemasan dog food. Hal penting yang harus kamu pertimbangkan adalah jangan pernah memberikan ikan atau olahan ikan kepada anjing.

  1. Menghindari penyebaran penyakit dari bakteri

Pertumbuhan bulu juga akan dipengaruhi terhadap kondisi kulit. Semakin baik kondisi kulit biasanya bulu pada anjing juga terlihat lebih baik. Hal ini yang membuat kamu harus terus menjaga kondisi kulit pada anjing. Hindari jamur atau bakteri menempel secara langsung pada bagian kulit anjing. Apalagi kutu juga menjadi masalah besar bagi anjing yang bisa menyebabkan kerontokan. Penyebaran kutu atau bakteri biasanya dimulai dari lingkungan sekitar anjing. Kamu harus menjaga lingkungan seperti membersihkan kandang secara berkala hingga menghindari kontak langsung pada anjing lainnya yang terindikasi kutu atau bakteri. Selain itu, pencegahan penyakit atau penyebaran bakteri juga bisa dilakukan dengan memberikan pembersih khusus pada anjing setiap hari. Biasanya pembersih ini berupa bedak khusus anti kutu dan jamur yang akan mencegah menempelnya bakteri secara langsung.

  1. Grooming

Ini adalah salah satu dari cara mudah merawat bulu anjing. Grooming juga adalah cara yang sangat populer untuk perawatan bagi anjing. Saat ini sudah banyak tersedia jasa grooming yang bisa kamu pertimbangkan. Namun, perlu diingat bahwa grooming membutuhkan biaya yang sangat mahal. Hasil yang diberikan saat melakukan perawatan seperti ini juga dipengaruhi beberapa faktor seperti kondisi anjing itu sendiri. Hal penting yang harus kamu ketahui adalah penerapan perawatan seperti grooming ini sebaiknya dilakukan selama 1-2 bulan sekali. Selain menghemat biaya yang harus dikeluarkan biasanya perlengkapan yang digunakan untuk melakukan grooming akan memberikan dampak buruk berkepanjangan bagi kondisi kulit anjing.

cara mudah merawat bulu anjing

 

Cara Mudah Menghindari Kerontokan Bulu pada Anjing

Kerontokan bulu pada anjing tidak bisa kamu hindari. Justru beberapa bulu yang rontok memberikan ruang yang cukup besar untuk bertumbuhnya bulu baru pada anjing. Namun, kamu harus memperhatikan jenis dan kondisi dari kerontokan bulu pada anjing itu. Hindari kerontokan bulu anjing yang terlalu berlebihan. Biasanya kerontokan yang tidak wajar terjadi akibat adanya bakteri atau jamur yang menempel di bagian tubuh anjing. Kutu yang cukup banyak di tubuh anjing juga bisa menyebabkan kerontokan berlebihan. Ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kerontokan secara masif pada anjing, seperti:

  1. Menyisir bulu anjing secara berkala

Setiap anjing selalu akan mengalami kerontokan bulu. Bila masih dalam tahap wajar hal ini terjadi untuk memudahkan bulu baru tumbuh dengan sangat baik. Namun, kamu harus membersihkan beberapa bulu yang rontok agar tidak menjadi bakteri pada kulit anjing. Lakukan cara mudah dengan menyisir bulu anjing dengan sikat khusus. Cara seperti ini sangat ampuh untuk mengangkat bulu rontok yang menempel pada bagian badan anjing. Selain itu, badan anjing juga akan semakin bebas dari bulu rontok sehingga bulu baru dapat dengan mudah tumbuh. Sisir bagian badan anjing dengan pola satu arah agar sikat yang digunakan bisa menghilangkan bulu rontok.

  1. Memberikan suplemen penumbuh bulu

Kamu juga bisa memberikan suplemen atau vitamin khusus bagi anjing agar pertumbuhan bulu sangat baik. Suplemen ini biasanya berupa makanan yang bisa diberikan secara langsung. Namun, pemberian suplemen atau nutrisi ini sebaiknya sesuai dengan anjuran dari dokter hewan. Apalagi beberapa jenis anjing juga memiliki metabolisme tubuh yang berbeda. Suplemen ini hanya digunakan untuk anjing dewasa. Jangan terlalu berlebihan memberikan dosis suplemen atau vitamin seperti ini bagi anjing. Selain itu, hindari juga pemberian suplemen pada anjing yang masih terlalu muda. Hal itu akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan dan perkembangan anjing.

  1. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar

Tidak bisa dipungkiri kebersihan dari lingkungan di tempat anjing tumbuh dan berkembang memiliki dampak yang besar. Semakin bersih dan terjaga lingkungan itu maka anjing juga dengan sangat mudah terhindari dari banyak bakteri penyebab kerontokan bulu. Kamu harus menjaga kebersihan kandang yang sering digunakan untuk anjing. Jangan terlalu membiarkan anjing untuk berada di luar rumah dalam kondisi cuaca yang terlalu panas atau dingin. Suhu luar ruang juga memberikan dampak pada bulu anjing. Cara mudah merawat bulu anjing seperti ini biasanya tidak membutuhkan biaya sangat mahal.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress content guard plugin