Cara mudah merawat anak anjing bagi pengadopsi baru

Saat ini kamu akan semakin dimudahkan untuk mendapatkan anak anjing.

Kamu bisa menjadi pengadopsi atau mendapatkan dengan membeli dari kerabat. Namun, kemudahan dari mendapatkan anak anjing yang dipelihara seperti ini sebaiknya didukung dengan informasi yang tepat. Ada banyak sumber informasi yang bisa kamu jadikan acuan untuk mulai memelihara anak anjing dari kecil hingga dewasa. Hal penting yang harus dilakukan adalah melakukan pemeriksaan terhadap kondisi anak anjing hingga memberikan vaksin. Biasanya cara seperti ini dilakukan untuk mendukung proses pertumbuhan anak anjing menjadi lebih baik. Tentu saja perhitungkan juga waktu yang harus kamu berikan untuk merawat anak anjing ini. Cara mudah merawat anak anjing bisa diterapkan sesuai dengan jenis anjing itu sendiri.

cara mudah merawat anak anjing

Cara mudah merawat anak anjing

Perawatan yang dibutuhkan anak anjing akan berpengaruh terhadap proses pertumbuhan hingga dewasa. Semakin baik perawatan yang diberikan biasanya pertumbuhan pada anak anjing juga akan sangat baik. Selain itu, perawatan untuk anak anjing ini sebaiknya dilakukan oleh pemilik utama. Hal ini untuk menghindari pemberian nutrisi yang kurang baik. Bahkan, karakter atau sifat dari anak anjing juga akan menjadi perhatian khusus untuk mendapatkan perawatan ideal. Perawatan yang sering dilakukan untuk anak anjing ini biasanya terdiri dari kebersihan tubuh yang meliputi bulu dan gigi hingga pemilihan nutrisi yang tepat bagi anak anjing. Beberapa rincian informasi perawatan untuk anak anjing yang bisa dilakukan seperti:

  1. Memberikan asupan nutrisi secara seimbang

Anak anjing membutuhkan nutrisi tepat dan seimbang. Jadi, kamu tidak harus memberikan banyak jenis makanan kepada anak anjing hanya untuk mendukung proses pertumbuhan secara cepat. Justru memberikan makanan terlalu banyak bagi anak anjing akan berpotensi menimbulkan gejala penyakit baru. Jenis makanan yang diberikan juga akan disesuaikan dengan karakter anak anjing itu sendiri. Kamu harus ingat bahwa dog food yang sering dijual dipasaran hanya untuk anak anjing yang berusia 3-4 bulan keatas.

Bila anak anjing masih kurang dari usia tersebut sebaiknya tetap diberikan asi dari induk. Hal ini untuk mendukung proses pencernaan yang baik saat memasuki usia dewasa. Anak anjing yang berusia 3 bulan keatas membutuhkan banyak konsenstrat atau serat dari makanan yang dikonsumsi setiap hari. Nutrisi ini bisa didapat dari dog food dengan kualitas yang sangat baik. Sebaiknya pilih dog food yang memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang seimbang. Beberapa dog food seperti ini akan selalu mencantumkan informasi penting dari kandungan nutrisi pada kemasan.

 

  1. Melakukan perawatan gigi untuk anak anjing

Perawatan lain yang dibutuhkan oleh anak anjing adalah menjaga kebersihan gigi. Pada usia yang sangat muda, biasanya anak anjing sangat rentan untuk menggigit banyak barang yang ada di sekitarnya. Hal ini harus menjadi perhatian khusus untuk mendukung pertumbuhan gigi yang baik. Pertumbuhan gigi yang baik dari anak anjing akan membuat mereka mendapatkan gigi kuat saat dewasa. Tentu saja ini akan memudahkan anak anjing mengkonsumsi makanan yang cukup keras pada waktu tertentu. Perawatan gigi untuk anak anjing sebaiknya dimulai dari menghindari pemberian makanan dengan tekstur yang sangat keras.

Giig pada anak anjing juga harus rutin untuk disikat. Tentu saja sikat dan pasta gigi yang digunakan untuk anak anjing sangat berbeda dibanding yang digunakan manusia. Kamu bisa mendapatkan sikat gigi untuk anak anjing ini di pet shop. Pola pembersihan gigi yang dilakukan pada anak anjing juga harus dilakukan secara hati-hati. Hal yang harus diperhatikan adalah jangan sampai busa dari pasta gigi masuk kedalam tenggorokan anak anjing. Biasanya perawatan gigi ini bisa dilakukan sendiri bila anak anjing tidak memiliki sifat agresif. Namun, anak anjing ini juga bisa dibawa ke klinik hewan untuk mendapatkan perawatan gigi secara khusus.

 

  1. Menjaga kebersihan badan dan bulu

Cara mudah merawat anak anjing lainnya adalah dengan mulai menjaga kebersihan seluruh badan, termasuk bulu. Kebersihan badan ini dilakukan untuk menghindari bakteri hingga kutu yang menempel pada badan anak anjing. Semakin rutin badan anjing dibersihkan juga akan memberikan kenyamanan bagi anak anjing di lingkungan itu. Namun, perlu diingat bahwa kebersihan badan dari anak anjing sebaiknya tidak dilakukan dengan cara dimandikan. Gunakan bedak khusus untuk menjaga kebersihan badan dari anak anjing. Pemberian bedak ini juga bisa menangkal jamur dan kutu yang menempel.

Selain itu, bulu pada anak anjing juga harus mendapat perhatian serius. Sama seperti hewan berbulu lainnya, pada waktu tertentu bulu pada anak anjing akan mengalami kerontokan. Sebaiknya bersihkan seluruh bulu yang rontok dari badan anak anjing itu. Hal ini juga akan menghindari menempelnya bakteri baru pada bagian terluar kulit anak anjing. Cara untuk membersihkan bulu anjing adalah dengan menggunakan sisir khusus. Seluruh badan anjing disisir secara belaka selama 2 kali seminggu untuk mengangkat bulu yang rontok. Kamu bisa mendapatkan sisir khusus ini di pet shop.

 

  1. Vaksinasi yang tepat

Anak anjing yang masih berusia sangat muda harus mendapatkan vaksin yang tepat. Selain menghindari dari banyak penyakit, vaksin ini juga dianggap memberikan pengaruh terhadap proses pertumbuhan dan metabolisme dalam tubuh anak anjing itu sendiri. Vaksin rabies memang menjadi salah satu vaksin penting yang harus diberikan. Sebaiknya konsultasikan juga kepada dokter hewan untuk mendapatkan vaksin tambahan bagi anak anjing. Lingkungan yang cenderung berubah biasanya akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan anak anjing. Hal ini yang menjadi pertimbangan utama untuk memberikan vaksin bagi anak anjing.

cara mudah merawat anak anjing

Anak anjing juga bisa mendapatkan grooming

Grooming juga bisa menjadi salah satu dari cara mudah merawat anak anjing. Namun, perlu diingat bahwa cara seperti ini biasanya membutuhkan biaya yang lebih mahal. Apalagi beberapa pemilik anjing sering menerapkan grooming hanya pada anjing dewasa. Tidak perlu khawatir grooming juga bisa dilakukan untuk anak anjing sesuai dengan usia yang telah ditentukan. Idealnya, grooming yang dilakukan pada anak anjing sebaiknya pada usia 3-4 bulan keatas. Anak anjing pada usia itu cenderung agresif dan mulai melakukan banyak tindakan fisik di sekitar lingkungan. Jangan lupa untuk menggunakan perlengkapan steril saat melakukan grooming untuk anak anjing.

Grooming bagi anak anjing biasanya dimulai dari pembersihan permukaan bulu. Kamu bisa menggunakan sisir khusus yang akan mengangkat bulu rontok. Selain itu, sisir ini juga bisa membersihkan beberapa kotoran yang menempel pada bagian bulu. Bagian kaki pada anak anjing harus mendapatkan perhatian khusus. Bersihkan sela-sela jari dari berbagai kotoran dan kuku dari anak anjing juga harus digunting. Hal ini untuk menghindari berbagai bakteri atau kutu yang bersembunyi pada bagian kaki. Selanjutnya, bersihkan juga bagian telinga anak anjing. Gunakan pembersih telinga dengan tekstur yang sangat lembut. Jangan lupa untuk menaburkan bedak khusus bagi anak anjing secara berkala.

Protected by Copyscape

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress content guard plugin