Berbagai jenis penyakit anjing di musim hujan dan pencegahan

Anda memiliki banyak kesempatan untuk mencegah jenis penyakit anjing di musim hujan.

Apalagi hujan yang berkepanjangan akan memberikan efek buruk bagi anjing ras yang memiliki bulu cukup tebal. Biasanya bulu anjing yang terkena air hujan dan tidak mendapatkan perawatan yang intensif akan lebih mudah diserang jamur dan bakteri lainnya. Selain itu, hujan yang cukup lama juga merubah suhu disekitar lingkungan anjing. Hal ini juga yang harus menjadi pertimbangan bagi anda untuk memberikan perawatan yang lebih baik untuk anjing kesayangan. (Baca juga berbagai karakter anjing)

anjing sakit kulitKondisi kesehatan yang sangat baik akan membantu hewan peliharaan anda ini untuk menghadapi berbagai penyakit anjing di musim hujan. Semakin baik kualitas nutrisi yang diberikan biasanya ketahanan tubuh pada anjing akan semakin baik. Sebaiknya pola seperti ini harus disertai dengan perawatan yang berbeda dibandingkan hari biasanya. Apalagi perawatan yang dibutuhkan anjing pada saat musim hujan tiba cukup mudah dan memberikan hasil yang sangat baik bila dilakukan secara rutin.

anjing sakit muntahJenis penyakit anjing di musim hujan yang harus diwaspadai

Berbagai penyakit yang akan diderita anjing ini biasanya akan disertai dengan perubahan tingkah laku hingga fisik. Bahkan, gejala yang timbul akibat penyakit seperti ini akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan seluruh bagian anjing. Penyakit seperti ini akan menyerang bagian terluar dari tubuh anjing hingga bagian terdalam. Ada harus mewaspadai beberapa penyakit anjing seperti:

1.    Penyakit kulit hingga kerontokan bulu secara masif

Salah satu jenis penyakit anjing di musim hujan adalah kerontokan bulu yang berlebihan akibat kondisi kulit yang cukup buruk. Air hujan yang menempel pada bagian terluar kulit anjing atau bulu biasanya memiliki kandungan bakteri yang cukup mengganggu. Bahkan, air hujan yang menempel pada waktu yang lama akan membuat kulit anjing terluar sangat mudah diserang berbagai bakteri hingga jamur. Bakteri seperti ini yang membuat iritasi ringan pada bagian terluar kulit hingga anjing mengalami kerontokan bulu secara berlebihan. Biasanya bakteri atau jamur yang menempel akan membuat kulit terluka.

Bila hal ini tidak segera dibersihkan, maka luka pada bagian kulit akan menjalar ke seluruh bagian tubuh. Tentu saja anjing akan merasakan sakit yang luar biasa. (Baca juga perawatan anjing terbaik)
Penyakit seperti ini sangat mudah menyerang anjing yang memiliki ukuran bulu cukup panjang. Tentu saja anda harus melakukan pembersihan seluruh bagian tubuh pada anjing saat air hujan terlalu menempel lama di bagian bulu. Bagi anjing yang memiliki ukuran bulu tidak terlalu panjang, anda cukup menaburkan bedak khusus yang akan menghambat penyebaran bakteri atau jamur.

2.    Anjing akan mengalami diare cukup buruk

Diare adalah penyakit yang akan memberikan kondisi terburuk bagi kesehatan tubuh anjing di musim hujan. Hal ini dikarenakan secara sengaja atau tidak anjing air hujan akan masuk ke dalam mulut dan saluran pencernaan. Sehingga mengakibatkan seluruh bakteri atau virus yang berada di dalam air hujan akan memberikan dampak pada pencernaan anjing. Bakteri seperti ini dianggap sebagai salah satu penyebab diare yang sangat berlebihan. Selain itu, beberapa kandang anjing yang berada di luar rumah selalu memiliki tempat makanan yang juga di luar ruangan. Kadang-kadang air hujan juga akan masuk ke dalam tempat makanan itu dan membuat anjing semakin mudah terkontaminasi. (Baca juga tips kesehatan anjing terbaru)

3.    Anjing juga akan mengalami Pneumonia

Anda harus ingat bahwa anjing juga memiliki potensi besar untuk mengalami radang paru-paru akibat berada di luar ruang selama musim hujan berlangsung. Bahkan, beberapa anjing ras juga akan memiliki penyakit paru-paru basah yang biasanya menurunkan kondisi kesehatan tubuh hingga menyebabkan kematian. Penyakit yang menyerang bagian dalam paru-paru seperti ini biasanya terjadi akibat perubahan suhu yang cukup buruk saat hujan berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, beberapa anjing ras juga kadang-kadang akan tidur di atas permukaan lantai tanpa alas. Hal ini akan semakin memudahkan anjing mengalami kondisi yang lebih buruk.

Pneumonia yang terjadi pada anjing biasanya juga disebabkan akibat lingkungan di sekitar kandang yang cukup kotor. Hujan yang lebat biasanya akan membuat banyak bagian dari kandang anjing cukup lembab. Sehingga memudahkan banyak bakteri atau virus menempel dengan cukup signifikan. Selain itu, kadang-kadang di sekitar lingkungan kandang anjing juga terdapat genangan air yang akan menjadi sarang dari berbagai bakteri jamur. Tentu saja lingkungan yang kotor akan memberikan dampak buruk tidak hanya pada paru-paru anjing tetapi seluruh kondisi tubuh. (Baca juga jenis penyakit anjing)

anjing sakit tidak mau makanCara mudah pencegahan penyakit anjing di musim hujan

Untuk menghindari berbagai penyakit yang akan menyerang anjing kesayangan saat musim hujan tiba, anda harus melakukan beberapa hal. Bahkan, cara seperti ini tidak membutuhkan biaya yang cukup banyak dan hanya melibatkan waktu luang anda. Cara seperti ini bisa dilakukan kapan saja dan membutuhkan rutinitas yang lebih baik. Apalagi semakin sering anda melakukan pencegahan dan perawatan seperti ini, maka anjing anda akan semakin mudah bebas dari serangan berbagai penyakit. Cara pencegahan dan perawatan untuk anjing selama musim hujan seperti:

1.    Membersihkan seluruh bagian tubuh anjing secara berkala

Beberapa anjing ras yang memiliki ukuran bulu cukup panjang dianggap sangat rentan terhadap air hujan yang mengandung banyak bakteri. Anda bisa melakukan pencegahan terhadap penyebaran bakteri pada bagian kulit anjing dengan sering membersihkan seluruh bulu. Biasanya cara seperti ini dilakukan dengan menyikat seluruh bagian bulu dengan air bersih dan shampoo khusus. Selain itu, anda juga harus membersihkan sisa bulu rontok yang menempel pada bagian kulit terluar. Hal ini untuk menghindari bulu rontok itu sebagai sarang berbagai virus. Namun, bagi anjing yang memiliki ukuran bulu cukup pendek atau tipis, mungkin anda bisa menaburkan bedak khusus yang menghambat penyebaran jamur di bagian terluar kulit. (Baca juga jenis makanan anjing)

2.    Selalu bersihkan kandang atau lingkungan di sekitar kandang

Anjing yang ditempatkan di luar ruangan atau rumah biasanya memiliki kandang cukup besar. Kandang di luar ruangan akan memiliki potensi yang cukup besar terkena air hujan secara langsung. Untuk menghindari berbagai bakteri dan penyakit akibat air hujan, anda sebaiknya melakukan pembersihan kandang secara berkala. Bahkan, kandang seperti ini bisa dibersihkan setiap hari. Jangan pernah biarkan anjing tidur di lantai pada kandang tanpa alas. Anda bisa menempatkan kain yang cukup tebal di atas lantai pada kandang anjing. Namun, kain seperti ini harus diganti secara berkala paling tidak 3 kali dalam seminggu.

3.    Bersihkan tempat makanan dan minuman anjing

Tempat makanan dan minuman yang sering digunakan anjing saat berada di luar ruangan akan mudah terkontaminasi oleh air hujan. Sebelum memberikan makanan dan minuman setiap hari sebaiknya anda harus membersihkan terlebih dahulu wadah makanan dan minuman itu. Hal ini untuk menghindari bakteri menempel pada bagian wadah.

4.    Berikan nutrisi terbaik untuk anjing setiap hari

Nutrisi terbaik yang diberikan pada anjing akan membuat kondisi kesehatan pada anjing juga semakin baik. Nutrisi yang diberikan pada anjing biasanya terdiri dari protein, karbohidrat, vitamin dan lainnya. Bahkan, nutrisi yang baik untuk anjing akan menjadi anti-body alami yang menjauhkan berbagai penyakit dimusim hujan.

5.    Tempatkan anjing di dalam ruangan

Bila hujan terlalu lama, sebaiknya anda memindahkan anjing ke dalam ruangan. Selain memberikan kenyamanan, anjing juga akan terhindari dari berbagai bakteri yang terdapat di dalam air hujan. Mungkin saja anjing kesayangan anda akan ditempatkan di dalam ruangan seterusnya.

Protected by Copyscape

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress content guard plugin